SELAMAT DATANG DI PASAR DAGING | UNTUK PEMESANAN HUBUNGI 0818-6778-8778

Widget By : Yulia Nanda

Minggu, 30 Oktober 2016

Tips Menyimpan Ikan Asin Yang Perlu Anda Ketahui

Ikan asin memang nikmat disantap dalam berbagai hidangan, mulai dari nasi goreng, sambal teri, hingga  tumis tauge yang lezat. Ikan asin yang dihidangkan bersama nasi pulen hangat, sambal cabai rawit, serta lalapan segar pun menggugah selera, lho! Mudahnya bahan makanan ini didapat di pasar dan supermarket juga membuat ikan asin jadi makanan sehari-hari yang sering disajikan untuk keluarga.
Tips memasak ikan asin tidaklah rumit. Cukup cuci ikan asin di bawah air mengalir selama beberapa saat untuk membersihkannya dari kotoran serta membuang garam yang berlebih sehingga ikan asin memiliki rasa yang pas. Selain itu, perhatikan pula penggunaan garam dalam hidangan yang akan disajikan bersama ikan asin. Misalnya, jika Ibu membuat Tumis Tauge Ikan Asin ala Royco, hindari terlalu banyak menambahkan garam karena penggunaan ikan asin sudah menyumbang rasa asin pada hidangan tersebut. Penggunaan Royco All in One  saat membuat Tumis Tauge Ikan Asin akan mempermudah Ibu mendapatkan cita rasa hidangan yang pas.
 Selain tips memasak  ikan asin, Ibu juga perlu mengetahui tips menyimpan ikan asin berikut ini agar ikan asin yang telah Ibu beli tetap terjaga kesegarannya.
  1. Ikan asin kering bisa disimpan dalam wadah tertutup di suhu ruangan, asalkan kebersihannya terjaga. Sedangkan ikan asin yang memiliki kadar air tinggi seperti ikan peda harus disimpan dalam wadah tertutup di lemari es.
  2. Ikan asin memiliki bau menyengat yang bahkan bisa mengendap dan tersisa dalam waktu lama. Karena itu, pastikan ikan asin tersimpan dalam wadah kedap udara. Kalau perlu, masukkan pula wadah kedap udara tersebut ke dalam kantong plastik tertutup untuk menjaga agar aroma ikan asin tidak tercium keluar.

Menyimpan ikan asin dengan baik tidak hanya penting untuk menjaga kesegaran dan kualitasnya, tapi juga mencegah aromanya tersebar dan tertinggal di dapur atau seluruh ruangan di rumah Ibu. Sudah siap mengolah ikan asin jadi hidangan lezat, Bu?

Sumber:
republika.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar