SELAMAT DATANG DI PASAR DAGING | UNTUK PEMESANAN HUBUNGI 0818-6778-8778

Widget By : Yulia Nanda

Rabu, 17 Agustus 2016

Manfaat Dan Efek Negatif Kepiting Bagi Kesehatan

Kepiting  merupakan binatang bercangkang keras yang tersusun dari kitin memiliki sistem pertahanan dari serangan mangsa berupa sepasang capit diagian kaki depan , ia termasuk dari anggota Crustacea yan memiliki lima pasang kaki, memiliki perut yang tersembunyi dibawah thorax (dada). Binatang kepiting ini sangat mudah dijumpai terutama di daerah yang memiliki iklim tropis salah satunya seperti di negara Indonesia. Dari jenis kepiting ini ada yang hidup diperairan laut (Rajungan ) dan ada juga yang hidup di air tawar (yuyu). Kepiting yang hidup diperairan laut ini memiliki bentuk tubuh cenderung lebih besar sedangkan yang berhabitat diperairan air tawar kalah lebih kecil dari pada yang berhabitat di perairan air laut. Dibalik keunikannya binatang ini ternyata juga memiliki banyak manfaat untuk menjaga kesehatan tubuh.
Manfaat Kepiting Bagi Kesehatan Tubuh
Mengkonsumsi kepiting ternyata meiliki peran penting untuk kesehatan tubuh, selain ,mengandung beberapa nutrisi. masih terdapat nutrisi lainnya yang sangat diperlukan untuk  menjaga kesehatan tubuh.  Nutrisi tersebut meliputi  mineral Selenium, Copper, Zinc, Vitamin B12, Omega 3  dan lain-lain. Dari beberapa nutrisi tersebut memiliki manfaat yang diperlukan tubuh diantaranya sebagai berikut.
Mencegah penyakit anemia
Dengan bantuan Vitamin B12 , Zinc, dan Copper yang terdapat pada kepiting timbulnya penyakit anemia dapat dicegah. Zat-zat tersebut memiliki peran mampu memproduksi sel darah merah yang efektif. Selain untuk mencegah juga dapat digunakan untuk proses penyembuhan penyakit anemia jadi sangat cocok untuk dikonsumsi pada penderita anemia.
Membantu mencerdaskan otak
Menjaga kecerdasan otak adalah hal utama yang harus diperhatikan, selain mengkonsumsi susu kandungan omega 3 yang terkandung dalam kepiting dikenal mampu mencerdaskan otak dalam masa pertumbuhan. Ada baiknya menyuguhi hidangan kepiting pada anak-anak yang tidak alergi terhadap kepiting karena pada masa anak-anak pertumbuhannya masih sangat bagus.
Menjaga kesehatan mata
Selain pada wortel jumlah Vitamin A yang melimpah yang terdapat pada kepiting sangat berperan untuk menjaga kesehatan mata. Kekurangan Vitamin A dapat menyebabkan gangguan pada mata, hal ini sangat cocok untuk dikonsumsi  yang banyak membutuhkan sumber asupan Vitamin A.
Merawat Rambut Dan Kulit
Merawat rambut dan kulit Rambut dan kulit juga memerlukan perawatan dari dalam tubuh yaitu dengan mengkonsumsi makanan yang bergizi salah satu diantara yang lainnya adalah kepiting. Kandungan Zinc dan Vitamin B12 dalam kepiting sangat dibutuhkan untuk menjaga kesehatan tubuh. Zinc ini diperlukan untuk menjaga dan mencegah kerontokan pada rambut. Sedangkan Vitamin B12 ini memiliki peran dalam menjaga kesuburan sel kulit dari kekeriputan, jadi mengkonsumsi kepiting dengan teratur tidak tertutup kemungkinan memiliki peluang dapat menunda penuaan dini.
Meningkatkan kekebalan tubuh
Kandungan gizi pada kepiting memiliki peran untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Dengan meningkatnya  sistem kekebalan  tubuh maka faktor-fakor penyebab terjadinya penyakit dapat dicegah. Hal paling berbahaya pada kesehatan adalah membiarkan masuknya zat karsinogen kedalam tubuh. Karsinogen ini adalah zat yang dapat menyebabkan penyakit kanker. Maka dengan mengkonsumsi kepiting secara teratur mampu membantu menetralkankan zat karsinogen yang masuk kedalam tubuh sehingga sistem kekebalan tubuh tetap terjaga Mencegah osteoporosis Mengkonsumsi kepiting mampu mencegah terjadinya kekeroposan tulang karena kaya akan protein dan copper. Selain kalsium, copper ini diperlukan tubuh untuk membantu proses pembentukan sel syaraf pada tulang.
Efek Negatif Dari Kepiting
Selain memberi manfaat baik bagi kesehatan tubuh, mengkonsumsi kepiting juga memiliki efek negatif bagi kesehatan. Hanya saja jika itu menkonsumsi secara berlebihan, sesuatu apapun yang berlebihan memang memiliki dampak yang tidak baik. Kandungan kolesterol pada kepiting memang terbilang tinggi, jika mengkonsumsi kepiting secara tidak teratur atau berlebihan dapat menyebabkan penumpukan kolsterol tinggi dalam darah, secara umum penyakit yang ditimbulkan karena kelebihan kolesterol diantaranya adalah sebagai berikut  : Penyakit Stroke, Penyakit Diabetes, Penyakit Hipertensi dan lain sebagainya.
Demikian informasi mengenai “Manfaat kepiting dan efeknya bagi kesehatan tubuh” semoga bermanfaat bagi pembaca. untuk gan/sis yang ingin berbelanja daging tapi gamau repot? Langsung saja kunjungi website resmi kami www.pasarinduk.id atau hub call center kami: 0812-9888-8778 menyediakan berbagai macam sayur mayur, bumbu rempah, buah buahan, lauk pauk, dan sembako secara online.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar