SELAMAT DATANG DI PASAR DAGING | UNTUK PEMESANAN HUBUNGI 0818-6778-8778

Widget By : Yulia Nanda

Kamis, 08 September 2016

Manfaat Lemak Yang Perlu Diketahui

Apa sajakah manfaat lemak bagi tubuh? Ya, selama ini kita mengenal lemak sebagai sesuatu yang harus ditakuti. Banyak orang yang masih awam akan manfaat lemak bagi tubuh. Kita hanya mengetahui, bahwa lemak memiliki dampak negatif bagi tubuh. Sebenarnya, kita sebagai manusia membutuhkan lemak sebagai cadangan energi di dalam tubuh. Tapi, sebelumnya apakah Anda tahu apa yang dimaksud dengan lemak? Lemak merupakan sejenis ikatan organik yang terdiri dari unsur hidrogen, karbon dan oksigen. Lemak memiliki sifat yang tidak mudah larut di dalam air. Sebaliknya, lemak dapat larut di dalam pelarut organik, seperti benzene dan kloroform. Namun, meskipun lemak tidak mudah larut di dalam air, lemak juga memiliki banyak manfaat bagi tubuh yang tidak diketahui. Lemak merupakan komponen yang terdapat pada bahan makanan. Sebetulnya istilah lemak dalam arti luas tergantung daripada keadaan yang disekitarnya. Misalnya jika pada suhu kamar dalam keadaan cair, itu disebut minyak. Akan tetapi jika dalam keadaan padat, maka disebut lemak.
Lemak sendiri terbagi menjadi dua, yaitu lemak nabati dan lemak hewani. Berdasarkan namanya, lemak nabati berasal dari tumbuh-tumbuhan sedangkan lemak hewani berasal dari hewan.
Fungsi dari lemak yang memiliki kandungan kalori sangat tinggi sehingga sangat penting untuk dikonsumsi oleh kebanyakan orang. Kandungan asam lemak berfungsi sebagai prekursor pembentukan hormon tertentu seperti hormon prostaglandin.

Manfaat Lemak Bagi Tubuh
Lemak di dalam tubuh, sebenarnya diperlukan untuk menormalkan fungsi-fungsi tubuh. Oleh karena itu, tubuh memerlukan lemak sesuai dengan batas normalnya. Nah, apa sajakah manfaat lemak bagi tubuh? berikut ini ulasannya :
Pelindung Organ. Lemak berperan untuk meilindungi organ-organ tubuh manusia. Hal ini dikarenakan lemak akan menyelimuti organ-organ di dalam rongga perut. Sehingga organ di dalam perut dapat terlindungi dari berbagai bahaya atau benturan yang berasal dari luar tubuh.
Memberi rasa kenyang. Fungsi daripada lemak adalah mampu memperlambat sekresi asam lambung dan dapat memperlambat pengosongan pada lambung sehingga memberikan efek kenyang menjadi lebih lama.
Lemak Dapat Mengenyangkan Tubuh
Lemak dapat berfungsi sebagai pelumas pada saat mengeluarkan perncernaan pada tubuh. sehingga ketahanan tubuh pada saat mengeluarkan pencernaan bisa terjaga.
Sebagai penyerap vitamin. Salah satu fungsi yang cukup penting adalah lemak berfungsi sebagai pengangkut vitamin yang terserap dalam tubuh, seperti vitamin A, vitamin D, vitamin E, dan vitamin K yang mudah larut dalam lemak yang ada pada tubuh. jika saja tidak ada lemak, maka bisa dengan mudah terserang penyakit. Berikut akan sedikit dijelaskan tentang vitamin yang diperlukan : Vitamin A, sumber yang didapat yaitu dari susu, ikan, sayuran yang berwarna hijau dan berwarna kuning, hati, dan buah – buahan yang memilkiki warna dasar merah dan kuning. Vitamin D, sumber yang didapat yaitu dari minyak ikan, susu, telur dan keju. Vitamin E, sumber yang didapat yaitu dari ikan, ayam, kuning telur, habermut dan ragi.Vitamin K, sumber yang didapat dari susu, sayuran juga kuning telur.
Kesuburan. Ternyata, lemak juga berpengaruh pada kesuburan, hal ini erat kaitannya dengan produksi hormon yang dihasilkan, termasuk hormon sex. Pada umumnya, wanita yang memiliki kadar lemak yang rendah, juga cenderung memiliki kadar estrogen yang rendah juga sehingga dampak yang ditimbulkannya terhadap terhentinya menstruasi yang cukup lama atau tidak teraturnya menstruasi.
Menghemat protein. Biasanya ketika seseorang dalam keadaan tidak fit, maka Ia membutuhkan energi yang banyak. Sehingga jika kadar lemak di dalam tubuh berkurang, maka akan menggunakan protein sebagai pemasok energi. Sementara itu, protein sendiri memiliki peranan lainnya, seperti meningkatkan daya imunitas tubuh, dan juga sebagai zat pengatur tubuh. Disinilah, manfaat lemak dibutuhkan oleh tubuh, agar penggunaan protein dalam tubuh lebih hemat.
Sumber energi. Kita ketahui bahwa manfaat lemak juga dapat berperan sebagai sumber energi terbesar dalam tubuh. Bahkan dalam setiap 1 gram lemak mengandung 9 kkal energi. Jumlah ini lebih besar dibandingkan jumlah energi yang dihasilkan dari karbohidrat maupun protein.
Sebagai sumber asam lemak essensial. Tak selamanya lemak bersifat jahat bagi tubuh, lemak sendiri juga berperan sebagai sumber asam lemak esensial

Itulah beberapa manfaat yang perlu kita ketahui semoga bermanfaat.yuk sis/gan yang ingin berbelanja bahan pokok makanan bisa kunjungi website resmi kami http://www.pasarinduk.id/ menyediakan berbagai macam sayur mayur, bumbu rempah, buah-buahan, lauk pauk, dan sembako secara online. soal fasilitas kami memberikan pelayanan yang terbaik untuk mendukung Anda berbelanja online dengan aman, nyaman dan terpercaya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar